CARA MENGURANGI EFEK GAS RUMAH KACA


1. Peralatan elektronik kantor walau dalam keadaan “idle atau stand-by”  tetap dialiri energi listrik. Oleh karena itu, biasakan mencabut kabel laptop/mematikan komputer saat istirahat.
2.  Belilah produk-produk elektronik, mulai dari komputer, mesin foto copy, printer, AC, sampai lampu yang berlabel “hemat energi”. Dengan cara ini,  kantor Anda ikut meredam laju  kenaikan konsentrasi gas rumah kaca. 
3.  Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat energi, doronglah para karyawan untuk menggunakan transportasi umum  atau kendaraan hemat energi, seperti sepeda atau menerapkan satu mobil lebih dari 2 penumpang atau cara-cara inovatif lainnya.
4.  Menggunakan kertas sehemat mungkin dengan memanfaatkan kertas bekas dan kedua halamannya bolak-balik
Banyak hal yang dapat dilakukan saat kita berada di jalan untuk mengurangi efek gas rumah kaca, diantaranya adalah:
1. Banyak faktor yang mempengaruhi  efisiensi bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan Anda. Untuk meningkatkan efisiensi BBM dan mengurangi emisi gas rumah kaca, jangan membuat mesin terus menyala saat kendaraan parkir.
2. Untuk jarak dekat, usahakan tidak menggunakan kendaraan bermotor. Sebaiknya berjalan kaki atau naik sepeda.  Jika tetap menggunakan kendaraan bermotor usahakan memenuhi kendaraan sesuai kapasitas penumpang.
3. Service kendaraan secara teratur untuk mencegah kebocoran, gunakan oli yang telah direkomendasikan. Pembakaran yang tidak sempurna dapat menghasilkan emisi dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca.
4. Periksa tekanan ban  secara teratur. Tekanan udara yang kurang pada ban  akan memberi beban pada mesin Anda. Tekanan yang akurat dapat mengurangi pemborosan  energi. 
5. Istirahatkan kendaraan Anda 2 hari seminggu, Anda telah membantu mengurangi ribuan kg emisi per tahun.
6. Untuk kendaraan dengan BBM Anda dapat mencampur dengan ethanol 80% untuk mengurangi gas emisi gas rumah kaca. 



0 komentar:

Posting Komentar